Senin, 23 Maret 2020

Makanan yang sebaiknya dihindari kala batuk datang

Kala batuk datang pasti akan terasa mengganggu dan tidak nyaman. Agar tidak memperparah batuk, dibawah ini ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya anda hindari kala sedang batuk :


1. Makanan penyebab alergi
Batuk dapat disebabkan oleh berbagai faktor, batuk juga bisa menjadi salah satu gejala asma, yang dihubungkan dengan faktor alergi pada seseorang.
Beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari bila batuk yang disebabkan asma, di antaranya: susu sapi, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

2. Susu dan produk olahan susu
Susu dan produk olahan susu dipercaya dapat merangsang pembentukan dahak pada saluran pernapasan. Faktanya, protein pada susu juga dapat merangsang pembentukan lendir di saluran pencernaan saat sedang dikonsumsi.
Jika sedang batuk, ada baiknya menghindari mengkonsumsi susu dan produk olahan susu. Banyaknya lendir atau dahak yang terbentuk di saluran pernafasan dapat semakin merangsang batuk menjadi lebih sering.

3. Minuman berkafein
Kafein adalah zat yang bersifat diuretik, jadi dapat merangsang pembentukan dan pengeluaran urine. Keadaan itu dapat meningkatkan jumlah cairan yang keluar dari dalam tubuh. Jika semakin banyak cairan yang keluar, tubuh akan kekurangan cairan, termasuk tenggorokan. Pada akhirnya, tenggorokan akan terasa semakin kering ketika sedang batuk.
Selain itu, pada batuk, yang dicetuskan oleh penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD), kafein harus dihindari sama sekali. Ini karena kafein dapat merangsang pembentukan asam lambung menjadi semakin banyak. Beberapa minuman yang mengandung kafein di dalamnya, misalnya kopi, teh, minuman berenergi, dan minuman bersoda.

4. Makanan yang digoreng
Ketika sedang batuk kering, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang digoreng. Karena, makanan tersebut bisa menyebabkan tenggorokan menjadi semakin kering, tidak nyaman dan sakit.
Bukan hanya itu, makanan yang digoreng dapat merangsang frekuensi batuk, pembentukan lendir dan menganggu rambut pembersih di tenggorokan, karena mengandung banyak minyak. Alhasil, dengan makan gorengan, batuk akan menjadi semakin parah.

5. Makanan olahan
Anda bisa membantu proses penyembuhan batuk dengan menjauhi makanan olahan, meliputi makanan kemasan, fast food, keripik, dan lain sebagainya. Bukan tanpa alasan, sebuah studi yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition, menyatakan bahwa nutrisi punya peran penting untuk mendukung kerja sistem kekebalan tubuh yang akan melawan infeksi.
Dengan kata lain, asupan nutrisi yang optimal dalam tubuh akan membantu meredam batuk dengan cara memperkuat sistem kekebalan dan mendukung berbagai fungsi tubuh lainnya. Jika ingin batuk cepat sembuh, sebaiknya hindari pantangan makanan olahan dan ganti dengan makanan padat gizi untuk mengoptimalkan fungsi tubuh.

Jadi itulah makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sedang batuk. Selain itu cari tahu apa penyebab batuk. Jika batuk sering kambuh atau tak kunjung sembuh hingga beberapa minggu, jangan ragu untuk segera pergi ke dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flu menyerang? Atasi dengan makanan berikut.

Ketika flu datang seringkali mempengaruhi selera makan kita. Namun demikian kita tetap harus menjaga asupan yang kita konsumsi. Sebaiknya k...